Media Aksi Berita Regional Briwash, Jasa Laundry Besutan Mantan Karyawan Bank
Regional

Briwash, Jasa Laundry Besutan Mantan Karyawan Bank

Pria asal Kota Bandung Agung Safaringga berhasil mengembangkan kariernya sebagai entrepreneur

BANDUNG —  Berawal dari bisnis sampingan, pria asal Kota Bandung Agung Safaringga berhasil mengembangkan kariernya sebagai entrepreneur.  Agung bahkan berani memutuskan untuk mundur (resign) dari pekerjaanya sebagai karyawan bank BUMN untuk banting  setir dan sepenuhnya fokus menggeluti usaha jasa laundry.

Bermodalkan kerja keras dan keyakinan yang kuat, Agung menjalani pilihannya tersebut secara serius. Alhasil, dalam beberapa tahun saja, binis laundrynya berkembang dengan pesat dan kini  bahkan sudah memiliki sejumlah gerai (outlet).

Agung menuturkan, ia awalnya hanya mencoba-coba menjalani bisnis laundry sambil bekerja di kantor.  Namun setelah satu tahun berjalan, ternyata merasa cocok dengan bisnis jasa ini.  Pada 2023, ia pun memantapkan hati dan kemudian berinisiatif membuat brand sendiri dengan nama Briwash.

“Saya bekerja di perusahaan BRI dari tahun 2014 sampai dengan 2023. Pada tahun 2022, saya memutuskan untuk membuka usaha laundry sambil bekerja. Setelah 1 tahun menggeluti laundry, ternyata ‘click’ dengan bisnis Laundry, akhirnya pada tahun 2023 akhir memutuskan untuk resign dan mendirikan brand Laundry bernama Briwash,” papar sarjana lulusan Manajemen Informatika di LP3I itu.

Bagi Agung,  menjalani bisnis laundry adalah hal yang menarik. Ia menyukai model bisnis ini karena masih banyak peluang dan inovasi yang dapat dikembangkan.

“Walaupun bisnis di bidang laundry sudah banyak pesaing atau kompetitornya. Tetapi saya tetap menyukai bisnis ini. Karena masih banyak yang bisa kita upgrade inovasinya,” ujarnya.

Salah satu kunci sukses dalam menjalankan bisnis, kata Agung, adalah kedisiplinan dan kesabaran.   Berkat kedisiplinan dan keuletannya, Briwash saat ini udah memiliki  3 outlet di kota Bandung, di antaranya  Briwash cabang Riung Bandung, Margahayu, dan Padasuka.  Untuk jumlah karyawan di setiap outlet Briwash dikelola oleh  3 orang.

“Intinya sabar dan disiplin, karna ibarat kita punya usaha itu seperti mempunya anak bayi yang baru lahir yang perlu di urus dengan sabar,” papar pria yang punya hobi sepakbola tersebut.

Selain kedisiplinan, konsep layanan Briwash pun disebut Agung menjadi salah satu penopang keberhasilan usaha.  “Kami salalu mengedepankan layanan yang prima terhadap pelanggan. Briwash mengakomodir pelanggan laundry yang menginginkan layanan laundry express dan antar jemput,” jelasnya.

Dengan pencapaian saat ini, Agung mengaku tidak mau cepat merasa puas. Ia memiliki ambisi yang lebih besar untuk mengembangkan usahanya.   “Target kita menjadikan UMKM di bisnis ini naik kelas. Kita juga ingin  melakukan pelatihan  Saya juga berharap semoga brand Briwash bisa seperti BRI, menjadi perusahaan yang hebat di Indonesia,” terangnya.

Exit mobile version